Friday, January 19, 2018

The Edge (1997) – Ketika Orang-orang Kota Nyasar di Hutan

Raja Sinopsis – Semalam Bioskop TransTV menayangkan film The Edge yang dirilis 1997. Karena begok bahasa Inggris, judul langsung membuat saya menerka filmnya bergenre thriller. Lebih-lebih waktu melihat wajah Anthony Hopkins di adegan awal, saya membayangkan karakter Hannibal dan plot pembunuhan di berbagai cerita Detektif Kindaichi.

Apa yang saya bayangkan tentang genre film ini sih tidak salah-salah amat. Film The Edge merupakan gabungan antara genre thriller, action, dan petualangan survive di tengah hutan.

Baca juga: Sinopsis Film Ayat-Ayat Cinta 2 (2017).

Sinopsis The Edge (1997)

Sinopsis Film The Edge (1997)

Cerita dimulai ketika Charles Morse (Anthony Hopkins) datang ke suatu tempat pegunungan di Alaska bersama istrinya yang bernama Mickey Morse (Ella Macpherson), Robert Green (Alec Baldwin), dan Stephen (Harold Perrineau). Mereka akan melakukan sesi pemotretan disana.

Lantaran Bob, model yang akan dipasangkan dengan Mickey, sakit, Charles berinisiatif mencari pria setempat yang fotogenik untuk menggantikan Bob. Dia mengajak Stephen dan Robert (untuk menjauhkannya dari Mickey, setelah melihat kemesraan keduanya). Mereka mengacuhkan peringatan Styles (pemilik pondokan tempat Charles menginap) untuk tidak meninggalkan pondokan. Ada beruang pemakan manusia di hutan.

Dalam perjalanan mencari pria pengganti Bob, terjadilah kecelakaan. Pesawat amfibi yang ditumpangi Charles, Robert, dan Stephen menabrak kawanan burung yang sedang bermigrasi. Mereka jatuh ke laut. Pilot tewas seketika, menyisakan tiga tokoh kita.

Mimpi buruk pun menjadi kenyataan. Disaat mencari bala bantuan, seekor beruang pemakan manusia membuntuti mereka.

Review The Edge (1997)

Bisa dikatakan, peran Hopkins di The Edge tidak sefenomenal The Silence of the Lamb (1991), Hannibal Lecter (2001) atau Fracture (2007). Disini, Hopkins seolah “harus” berbagi porsi peran dengan Alec dan Harold. Bukan salah Hopkins juga.

David Mamet selaku penulis skenario lebih mengedepankan jalan cerita ketimbang mengeksplor karakter masing-masing. Apa yang kita ketahui tentang Charles Morse, selain bahwa tokoh ini kaya raya dan pintar? Hampir tidak ada. Dia bahkan juga kurang berceloteh untuk mengungkapkan pemikirannya. Satu kalimat yang masih saya ingat: “Kenapa manusia mati? Karena mereka berputus asa!”

Plot utamanya pun juga harus berbagi dengan plot tambahan yang sebenarnya tidak harus ada juga. Dugaan saya, David sengaja membuat plot tambahan untuk memperkuat pesan utama di film ini.

Overall, film The Edge (1997) tetap bagus untuk ditonton. Apalagi jika kalian penggemar Anthony Hopkins.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : The Edge (1997) – Ketika Orang-orang Kota Nyasar di Hutan

0 komentar:

Post a Comment