Saturday, January 7, 2017

Pengalaman Meng-Unlock-kan Modem Bolt 4G Slim / Max (E5372s)

Kemarin kan sudah diceritain ya kalau Raja Sinopsis habis membeli modem Bolt Slim. Setelah memakai selama beberapa waktu, kami merasa puas. Namun ada rasa penasaran yang menghampiri kami: apakah bisa modem ini mendapatkan jaringan sinyal 4G dari provider lain (GSM)?

Setelah searching di Google, kami menemukan banyak sekali artikel yang membicarakan hal tersebut, yaitu dengan cara meng-unlock modem Bolt Slim / Max (E5372s). Kami pun segera melakukan percobaan. Gampang kok. Kalian hanya perlu mengikuti step by step yang ditulis para blogger yang pernah melakukannya – banyak kok di Google artikelnya.


Pada intinya, kami berhasil meng-unlock-kan modem bekas itu. Dan tiba-lah saat untuk memasukkan kartu sim dari provider lain (GSM).

Yang keluar hanya jaringan 3G. Whattt? Kok bisa? Kami membaca lagi artikel step by step cara unlock modem Bolt / Max (E5372s) dengan lebih teliti. Siapa tahu ada yang salah?

Tidak. Tidak ada yang salah.

Lalu siapa yang salah?

Kami melakukan pencarian lagi di Google. Intinya kami bertanya: kenapa modem Bolt sudah di-unlock tidak bisa menerima sinyal 4G dari provider lain? Jawaban yang kami dapatkan cukup mengejutkan.

Ternyata artikelnya banyak tersebar di internet tentang cara unlock modem Bolt itu tidak salah. Yang salah pemahaman kami. Karena, walaupun sudah di-unlock untuk bisa menggunakan kartu dari provider lain, tetap saja modem Bolt hanya bisa menangkap sinyal 3G saja. Tidak lebih! Kenapa? Rupa-rupanya frekuensi jaringan Bolt dengan jaringan provider GSM berbeda. Bolt 4G ada di frekuensi 2300 MHz, sedangkan provider GSM ada di frekuensi 1800 MHz. Sampai tua juga tidak bakal bisa cocok, hihihi...

Meski begitu, kami tetap merasa puas karena telah berhasil meng-unlock modem Bolt bekas kami. Apakah kalian pernah mencobanya juga?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengalaman Meng-Unlock-kan Modem Bolt 4G Slim / Max (E5372s)

0 komentar:

Post a Comment