Tuesday, December 9, 2014

Belajar dari Cerita Motivasi Tiga Orang Terkenal Sedunia

Aku selalu bertanya-tanya apa manfaat membaca sebuah biografi dari kehidupan orang lain yang bahkan tidak kita kenal sama sekali? Jawabannya sederhana: aku selalu bisa belajar dari orang-orang itu, mulai dari semangat, kegagalan, komitmen, serta ketekunan mereka. Seperti, yeah Thomas Alva Edison misalnya? Atau dari Stephen King sebagai seorang calon penulis? Dengan demikian, kamu bisa mengatakan pada diri sendiri jika kamu tidak sendirian kan?

Tiga cerita motivasi ini didasarkan pada kehidupan nyata orang-orang terkenal saat mereka menemui hambatan. Siapa saja mereka?

Cerita motivasi tentang ketekunan dan antusiasme dari Michael Jordan - Lance Amstrong - JK Rowling

Michael Jordan
“Aku bisa menerima kegagalan, semua orang gagal dalam satu titik. Namun, aku tak bisa menerima tanpa mencobanya.” (Michael Jordan)

Bicara soal motivasi, kita tidak bisa meninggalkan Michael Jordan. Pebasket yang terkenal dengan gerakan slam dunk udara ini pernah mengalami kegagalan saat tidak mendapat tempat di tim basketnya lagi. Alasannya? Ia hanya memiliki tinggi 5'9” waktu itu, dan Leroy Smith teman sekelas yang lebih tinggi saja hanya mendapat tempat terakhir di tim.

Sejak itu, ia tidak ingin lagi menghadapi situasi yang sama lagi dengan berlatih setiap hari. Dengan begitu, ia berhasil menerapkan hasil latihannya dalam pertandingan tanpa kegagalan. Tahukah apa yang terjadi?

Ia menjadi bagian dari tim yang pernah memenangkan dua medali emas di Olimpiade. Bahkan, ia memenangkan “NBA Most Valuable Player Award” lima kali dalam karirnya. Lebih dari satu dekade pada era 90-an, Jordan mendominasi lapangan basket.

Lance Armstrong
Pada usia 25 tahun, ia didiagnosa mengidap kanker testis dan dokter memvonisnya hanya 40 persen kurang kesempatan untuk pulih. Di saat bersamaan, ditemukan pula tumor di paru-paru, perut, dan otak. Semua orang beranggapan karirnya sebagai pesepeda kandas sudah.

Namun, pelajaran yang dipetik dari ibunya, Linda Walling, mengingatkannya untuk berteguh hati. Apa yang ia lakukan? Hal pertama yang dilakukannya adalah ikhlas menerima bahwa dirinya menderita penyakit, kemudian melahap semua referensi mengenai penyakit itu. Ia melahap habis buku, referensi lainnya, bahkan sampai mencari komunitas dari orang-orang yang memiliki kesulitan yang sama.

Lance mencoba menemukan kekuatan dari tiga hal yang diajarkan ibunya:

"Menjadikan setiap hambatan adalah kesempatan", "Selalu bekerja keraslah dan hal-hal baik akan terjadi", dan "Jangan percaya ketika orang lain mengatakan kamu tidak sanggup”.

Hasilnya? Ia sukses memenangkan empat belas lomba setelah berjuang melawan kankernya. Ia berpikir untuk pensiun, tapi dukungan terus-menerus mengalir, terutama dari tunangannya, ibunya, dan temannya Chris Carmichael. Itulah yang memacu semangatnya untuk berlatih lagi dan ikut lomba berikutnya di Appalachia. Setelahnya, ia tidak pernah membiarkan semangatnya nge-drop lagi.

Memang benar kasus penggunaan doping telah menghancurkan nama baik Lance sebagai pebalap sepeda. Satu pelajaran yang bisa diambil darinya adalah kekuatan kehendak dan dedikasinya mengalahkan rasa sakit yang dideritanya. Terlebih ketika orang-orang mulai pesimis, karena hidupnya sebentar lagi selesai.

J.K. Rowling
JK Rowling hanyalah single parent yang melewatkan hari-harinya berkerja setiap hari, sebelum akhirnya menjadi seorang miliarder. Ia merupakan lambang sejati kesuksesan yang memulai semuanya dari nol.

Keberhasilan tujuh serial Harry Potter merupakan bentuk penghargaan dari kemampuannya bercerita dan mengingatkan bahwa setiap orang memiliki bakat lain yang belum terlihat. Kamu hanya harus mengenalinya, menjangkaunya, dan merawatnya sehingga bakat itu tumbuh mekar.

***

Mungkin cerita motivasi diri di atas terlalu jauh untuk kamu jangkau, tapi kamu bisa cerita dari satpam, tukang susu, pedagang keliling dan lain sebagainya, yang bisa membantu menyemangati kamu dengan pengalaman mereka yang indah. Cobalah cari.

Catatan:
Artikel ini dialih-bahasakan dari pickyourgoals dengan judul asli “Best Motivational Stories of Real People that Will Leave You Inspired”.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Belajar dari Cerita Motivasi Tiga Orang Terkenal Sedunia

0 komentar:

Post a Comment